Kapal Layar Ghali

Gambar
  Ghali ,  gali  atau  gale  mengacu pada beberapa jenis kapal mirip galai  dari kepulauan Nuasantara . Kapal jenis ini baru muncul setelah tahun 1530-an. Di Nusantara, sebelumnya sudah ada beberapa kapal seperti galai, beberapa dengan cadik . Ghali (atau istilah yang serupa) adalah hasil dari dampak pembuatan kapal asli Mediterania, khususnya yang diperkenalkan oleh  orang Arab, Persia, Turki Utsmani, dan Portugis. Namun demikian, istilah tersebut dapat merujuk pada kapal laut Mediterania yang dibuat oleh penduduk setempat, atau kapal laut lokal yang memiliki pengaruh Mediterania. Sejarah dan Deskripsi Melaka Galai Melayu abad ke-15 sampai 16. Sebuah  galai  kerajaan ( ghali kenaikan raja ) legendaris dari kesultanan melaka  yang beroperasi antara tahun 1498 sampai 1511 disebut  Mendam Berahi . Panjangnya 60  gaz  (180 kaki atau 54.9 m)dan lebar 6  depa  (36 kaki atau 11 m). Menurut perkiraan modern oleh Md. Salleh Yaapar, ghali ini memiliki 3 tiang, 100 dayung, dan dapat membawa 400

Kapal Layar Santa Maria

 



Santa Maria  adalah kapal utama (flagship) yang mengangkut Christopher Columbus ke Dunia Baru tahun 1492. Kapal ini adalah caravel (kapal penjelajah) seberat 100 ton.Namun sumber lain berkata bahwa kapal ini memiliki berat 200-600 ton.Santa Maria memiliki panjang badang kapal 75 kaki dengan lebar badan kapal 25 kaki.

Kontruksi Kapal Santa Maria

Santa Maria dipercaya memiliki dua tiang utama yang disangga dengan lateen (tiang kapal), dan tiang penyangga layak.Kapal ini memiliki layar berbentuk segitiga yang sempit yang diperkuat dengan tali panjang dan dipasang dengan kemiringan tertentu.Tiang ketiga ditambahkan ketika caravel menjadi lebih besar.

Untuk pelayaran jangka panjang, caravel diperkuat dengan layar persegi yang dipasang pada tiang yang lebih pendek. Hal itu membuat kekuatan layar lebih seimbang sehingga membuat kapal lebih mudah dikendalikan. Panjang rata-rata caravel dengan tiga tiang layar adalah 75-80 kaki (25-27 meter).

Kapal itu diyakini sebagai caravel bertiang tiga yang berlayar di lautan dengan panjang 95 kaki (30 meter), yang lebih besar dibanding kapal-kapal yang ada pada saat itu. Beratnya 100 ton dengan jarak permukaan air laut (draft) 6 kaki (18 meter) dan mengangkut 40 orang kru. Kapal tersebut memiliki lima buah layar. Disamping dua layar utama, kapal itu mengandalkan dua palang layar tambahan tiang utama dan sebuah layar kecil di bagian puncak certa sebuah tiang penyangga.


Kru Kapal Santa Maria

Kru Columbus pada pelayaran pertama tidak terdiri dari penjahat seperti yang banyak dipercaya. Banyak yang dialami pelaut dari kota pelabuhan Palos dan daerah sekitarnya dan wilayah pesisir Galicia. Memang benar, bagaimanapun, bahwa penguasa Spanyol menawarkan amnesti kepada narapidana yang mendaftar untuk perjalanan, tetapi hanya empat orang mengambil tawaran: orang yang telah membunuh seseorang dalam perkelahian, dan tiga temannya yang kemudian membantu dia melarikan diri dari penjara.

Ada beberapa anggota kru dari Andalusia, karena perjalanan ini dibiayai oleh sindikasi tujuh penduduk bankir mulia Genovese di Sevilla (kelompok itu terkait dengan Americo Vespucci dan dana milik Lorenzo di Pier Francesco de Medici).

Dari empat perjalanan Columbus, hanya awak pelayaran pertama yang benar-benar dikenal.

Kru Pertama

  • Christopher Colombus, Kapten
  • Juan de la Cosa, maestre (Santoña).
  • Sancho Ruiz, piloto.
  • Alonso Pérez Roldán, piloto.
  • Maestre Alonso, físico, de Moguer.
  • Maestre Diego, contramaestre.
  • Rodrigo Sánchez de Segovia, veedor.
  • Pedro Gutiérrez, repostero de estradas del Rey.
  • Rodrigo de Escobedo, ahli menulis
  • Diego de Arana, Ahli Persenjataan, (Córdoba)
  • Diego Lorenzo, Master-at-arms
  • Luis de Torres, Interpreter
  • Domingo de Lequeitio.
  • Lope, calafate.
  • Jacome el Rico, (Genoa)
  • Horacio Crassocius (La Rabida)
  • Pedro Terreros, maestresala.
  • Rodrigo de Jerez, (Ayamonte)
  • Ruiz García, (Santoña)
  • Rodrigo de Escóbar
  • Francisco de Huelva
  • Rui Fernández (Huelva)
  • Pedro de Soria
  • Pedro de Bilbao, (Larrabezua).
  • Pedro de Villa, del Puerto.
  • Diego de Salcedo, criado de Colón.
  • Pedro de Acevedo, paje.


Perjalanan Santa Maria

Pada tanggal 3 Agustus 1492Santa MariaNina, dan Pinta berangkat dari Palos. Columbus mencari rute baru menuju Asia, tetapi sebaliknya ia justru menemukan Dunia Baru, dan mendarat tanggal 12 Oktober 1492 di tempat yang saat ini disebut Bahama.

Sebanyak 90 orang pelaut mengikuti pelayaran itu. Biaya ekspedisi tersebut mencapai $14.000 yang sebagian besar ditanggung oleh kerajaan Spanyol. Nina dan Pinta disediakan oleh pelabuhan Palos. Columbus menyewa Santa Maria dari Pemiliknya, Juan de la Cosa.

Santa Maria hancur pada malam Natal 1492 saat menabrak karang di teluk Caracol, Haiti. Empat puluh empat anggota ekspedisi Columbus tetap tinggal untuk membentuk koloni pertama di Dunia Baru.[6] Columbus pulang dengan menumpang kapal Nina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Pinta

Kapal Layar Galiung

Kapal Ia Santa Clara (Nina)